Senin, 22 April 2013

Laporan Observasi Media Pembelajaran


A.    Identitas
Judul Observasi               : Penggunaan Media Pembelajaran dan Alat Perga di SDN Suling Kulon 2
Tempat Observasi            : SDN Suling Kulon 2
Tanggal Observasi            : 29 Maret 2013
Narasumber                      : Tunik Suwarni, S. Pd. SD
No. Hp                             : 085235646618

B.     Tujuan Observasi
Tujuan observasi ini adalah untuk mengetahui  penggunaan media pembelajaran dan alat peraga di SDN Suling Kulon 2.

C.    Media Pembelajaran di SDN Suling Kulon 2
·         Komputer dan Printer
Komputer dan Printer telah ada di SD Suling kulon 2 ini pada tahun 2010 yang berasal dari dana KKG Remot. Komputer menjadi alat yangsangat penting keberadaannya misalnya digunakan sebagai alat ketik yang dipakai setiap hari untuk mengetik bebagai kebutuhan sekolah. Pertama digunakan untuk mengetik soal-soal ujiian seperti ulangan harian, ulangan tengah semester, dll. Kedua digunakan untuk mengetik laporan BOS setiap bulannya yang menggunakan Microsoft Excel. Ketiga sebagai hiburan guru di jam istirahat agar merilekskan pikiran setelah mengajar, permainan yang sering dimainkan yaitu La py lala. Serta keempat untuk mendownload gambar di internet seperti gambar kosong untuk mewarnai.


           
·         Papan Tulis
Papan tulis menjadi media pembelajaran yang sangat penting keberadaannya di SD Suling Kulon 2 ini. Tersedianya papan tulis di dalam ruang kelas belajar sangat membantu guru dalam mengajar. Papan tulis ini terdiri dari papan tulis hitam yang ada di semua kelas dari kelas 1 sampai 6 dan papan tulis putih yang ada di kelas 4, 5, dan 6. Perangkat papan tulis ini terdiri dari papan tulis, penghapus papan, kapur dan spidol. Pada kelas 4, 5 dan 6 guru lebih menggunakan papan tulis puti karena mengurangi polusi udara, namun demikian papan tulis hitam tetap dipakai jika tinta spidol di sekolah tersebut habis karena jika membelinya cukup jauh dari toko yang lebih murah menjual tinta dan telah menjadi langganan SDN Suling Kulon 2 dalam membeli perangkat sekolah. Sedangkan pada teknik mengajar, semua guru saat menulis di papan tulis masih membelakangi siswa. Papan tulis putih ini baru ada di 3 kelas karena keterbatasan biaya untuk membeli sisanya.

·         Televisi, VCD, dan Speaker/Salon
Kesemua alat ini digunakan pada saat aktifitas senam pagi, yaitu senam SKJ 2012. Karena senam ini baru maka pada saat senam pagi yang berlangsung pukul 07.00 diikuti oleh kurang lebih 65 siswa menggunakan media televisi untuk melihat gerakan senam yang diputar melalui VCD. Selain itu alat ini (Televisi, VCD, dan Speaker/Salon) juga dipakai pada saat siswa/siswa latihan senam untuk acara perpisahan.

Semua media pembelajaran di atas merupakan madia yang sering digunakan karena setiap jam sekolah selalu di pakai, misalnya  papan tulis karena alat ini digunakan hampir setiap hari pada Proses Belajar Mengajar. Tidak ada media yang jarang digunakan di SDN Suling Kulon 2 ini, hanya saja kurang lengkapnya media seperti papan flanel, OHP, kamera digital, laptop dan LCD, media sederhana, dan media lingkungan. Menurut Ibu Tunik, dulu sempat ada papan flanel di kelas 2, namun karena dulu jarang digunakan menjadi rusak dan tidak dapat dipakai lagi.
D.    Alat Peraga di SDN Suling Kulon 2
Alat peraga merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa. Proses pembelajaran di SDN Suling Kulon 2 memerlukan media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi atau materi pelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian suatu tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Fungsi media pendidikan atau alat peraga pendidikan dimaksudkan agar komunikasi antara guru dan siswa dalam hal penyampaian pesan, siswa lebih memahami dan mengerti tentang konsep abstrak IPA yang diinformasikan kepadanya. Siswa yang diajar lebih mudah memahami materi pelajaran jika ditunjang dengan alat peraga pendidikan. Alat peraga yang ada di SDN Suling kulon 2 ini antara lain anatomi badan manusia, macam-macam gigi, globe, minatur mata, miniatur jantung, peta serta KIT IPA.

E.     Kesimpulan
Dari hasil Observasi Media pembelajaran di SDN Suling Kulon 2 adalah sudah tersedianya beberapa media pembelajaran seperti papan tulis, Televisi, dan komputer. Tapi masihkurang lengkap fasilitas media pembelajaran yang menunjang keberhasilan pembelajran seperti LCD dan laptop serta, media lingkungan, dan media sederhana. Sedangkan alat peraga yang tersedia di SDN Suling Kulon 2 ini cukup lengkap untuk mata pelajaran IPA. Ketidaklengkapan media pembelajran ini kemungkinan disebabkan oleh keberadaan SD ini yang ada di desa, jumlah muridnya saja totalnya ada 65 orang.




F.     LAMPIRAN
(Media Komputer dan Printer)
                     
               




(Media Televisi, VCD, dan Salon/Speaker)

               










(Media Papan Tulis di kelas 1,2, dan 3)



(Media Papan Tulis Hitam dan Papan Tulis Putih Kelas 4, 5, dan 6)
























Macam-macam Alat Peraga di SDN Suling Kulon 2






















                                                                                                    
Foto ini diambil melalui kamera  Sony Lens HD Movie 720p


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar